Kamis, 04 Desember 2014

Solusi Cerdas Mengatasi Sampah





Mengoptimalkan kinerja tungku sampah buatan Salikun ternyata bukan perkara yang sulit. Sejak awal proses, sampah bisa dipilah-pilah. Sampah yang benar-benar tidak bisa dimanfaatkan lagi, bisa langsung dimasukkan ke dalam tungku, sedangkan yang masih bisa dimanfaatkan bisa diambil/diberikan kepada yang membutuhkan.
 
Sampah-sampah hasil pemilahan sampah yang hendak dibakar. Selanjutnya, sampah yang masih bermanfaat dikumpulkan untuk selanjutnya dibeli oleh pengepul sampah.



Proses pertama memasukkan sampah ke dalam tungku juga tidak sulit. Dalam kondisi menyala, sampah jenis apapun bisa langsung dimasukkan. Meski sampah dalam kondisi busuk dan basah sekalipun. Itupun tidak memerlukan bahan bakar sama sekali. Dan tidak perlu diragukan lagi, proses pembakaran yang dilakukan juga tidak membutuhkan waktu yang lama. Hanya dalam hitungan jam, sampah langsung terbakar habis. 
Abu hasil pembakaran sampah bisa dikeluarkan secara terus-menerus dalam tempo 1 x 24 jam



Tak hanya itu, dalam kondisi cuaca yang kurang bersahabat, seperti hujan, tungku sampah Salikun masih bisa bekerja dengan  baik. Sampah-sampah yang berada dalam tungku bisa tetap terbakar habis, tanpa harus kembali menyalakan tungku. Dalam kondisi tersebut, tungku Salikun bisa bekerja secara terus menerus dengan perawatan yang minim, atau bahkan boleh dikatakan tidak ada sama sekali. Hanya dibutuhkan seorang operator untuk melakukan pengisian sampah dalam tungku. 
Karena proses yang terus menerus, tungku Salikun menghasilkan abu sisa pembakaran dalam tempo 1 x24 jam. Untuk melakukan proses pengeluaran abu, cukup hanya dilakukan seorang operator saja.







Previous Post
Next Post
Related Posts

6 komentar:

  1. Mau di apakan sampah,bila sdh turun hujan ? ditumpuk buat prmandangan,buat bau bauan atau buat Gunung ?,sdh jelas bertahun tahun pengalaman mengatasi msh sampah ya tetap gitu aja meskipun berbagei alat dan peralatan toh dibalek waktu balek asal,apa itu balek asaaaaal ? (pikir sendiri).Untuk itu mhn perhatikan blog sy ini dan ini nyatanya,karena pembuatan tungku pemusnah sampah bukan hanya di satu tempat,sy buat sdh ratusan tungku pada beberapa tempat meliputi P.Jawa,sebagian di luar jawa,ini pun msh antri para peminat untuk sy buatkan tungku pemusnah sampah.Kepekaan para warga sdh sangat nyata,dan tahu cara sy ini,memusnahakan sampah2 yg sama sekali tdk dpt diapa apakan kecuali hanya mengganggu lingkungan,kotor,bau dan sangat menjijikkan,makanya sdh banyak sy informasikan bagi yg ada minat,toh sampek saat ini sy tdk menjual atau tdk buka harga,sekedar membuatkan dgn segala beaya ditanggung peminat itu aja.Gambar di atas adalah sebagian bukti bahwa pemusnahan/pembakaran sampah dlm cuaca hujan dan memang musimnya hujan,dimana setiap sampah kondisinya basah bahkan ber air,ttpi pembakaran tanpa bahan bakar apapun tetap berjalan dgn api yg sgt besar melumatkan sampah2yg basah busuk tsb menjadi abu.

    BalasHapus
  2. pertanyaan yg memerlukan jawaban.Benarkah semua itu ? mengapakah pemakeinya terbatas pada beberapa orang yang mungkin belum tahu betul gimana sebaiknya penanganan sampah ? apakah sampah dibakar permasalahan sampek disitu ? adakah perhitungan dampak yang tidak baik oleh pembakaran tersebut ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau anda menanyakan seperti itu, apakah anda cukup percaya dengan jawaban yang saya sampaikan ? Apakah anda tidak tertarik untuk membuktikannya supaya anda benar-benar yakin ?
      Mengenai orang yang tahu atau tidak tentang penanganan sampah, menurut saya mereka menggunakan tungku saya adalah mereka yang kesal menunggu solusi penanganan sampah yang benar. Sementara, sampah semakin menggunung tanpa ada solusi yang berarti.
      Akhirnya, mereka memilih tungku pemusnah sampah sebagai solusi akhir, yang paling mudah dan efisien, daripada menunggu hingga sampah menggunung dan membusuk.
      Bila menghitung permasalahan dari sampah yang dibakar, coba bayangkan sampah yang menggunung tanpa ada penanganan berarti dan hanya menunggu solusi hingga membusuk.
      Hitung-hitung dampak pembakaran, apakah anda cukup tahu bagaimana dampak pembakaran ? bila anda berasumsi dampak pembakaran adalah polusi atau pencemaran udara, bandingkan dengan dampak polusi asap kendaraan atau pembakaran yang lain. Setidaknya, menurut kami, sedikit dampak pembakaran lebih baik daripada besarnya dampak pencemaran akibat penimbunan sampah yang membusuk karena menunggu solusi tanpa kejelasan.

      Hapus
  3. terserah aja,masing2 punya pendapat,sy buat tungku bukan hanya 1 dan tdk pada 1 tempat,itu saja sdh merupakan bukti nyata kebenarannya.Para penggunanya orang2 terbatas yg menurut anda blm tahu betul gimana sebaiknya penanganan sampah,menurut sy justru sebaliknya bahwa orang2 tsb lah yg mengerti betul2 cara mengatasi mslh sampah,dibandeng dulunya sulitnya mengatasi mslh sampah meskipun sdh banyak skali cara dan peralatan yg telah digunakan,namun dgn menggunakan cara sy Teknologi Pemusnah Sampah jelas2 seberapa banyaknya sampah teratasi yg menghasilkan lingkunganya terbebas dari permasalahan sampah.Sy ulang yg kesekian kalinya,cara sy dlm mengatasi mslah sampah dgn cara sederhana,mudah tapi hasilnya nyata,sebanyak berapa saja sampah sy anggap hanya dua bagian : bag.pertama sampah yg masih bisa dimanfaatkan tanpa kita usik sdh berjalan sendirinya(banyak yg meminati dan memungutnya),sampah bag.kedua yg sama skali tdk dpt dimanfaatkan yg malahan sangat mengganggu lingkungan karena kotor,berbau menjijikkan yg banyak belatungnya,kita musnahkan dgn cara dibakar dlm tungku tanpa bahan bakar apapun meskipun kondisi sampah basah dan busuk dimasukkan tungku keluar jadi abu.Soal damak/asap jelas ada namun semua sdh masuk dlm pertimbangan dan hingga saat ini sdh lebih 200 tungku di berbagei tempat(hampir se Indonesia)sy blm pernah menerima informasi dampak yg bersifat negatip kecuali ucapan terima kasih bahwa dilingkungannya sdh tdk kesulitan lgi oleh persoalan sampah.

    BalasHapus
  4. Menarik membaca penjelasan dari Pak Salikun soal sampah.Namun sejujurnya saya kesulitan memahami bahasa tulis Pak Salikun,demikian pula maksud tampilan gambar-gambar wayang yang barangkali hanya sebagai gambar pendukung.

    Jika bapak berkenan,bolehkah minta nomer handphone bapak, jadi saya bisa langsung komunikasi secara lisan.Alamat email saya :songolasongo@gmail.com.

    Terima kasih.Songo.

    BalasHapus
  5. dalam firman Allah SWT mengatakan bahwasanya seseorang yang mau menyingkirkan batu,kotoran ,atau apapun dijalan yang menghalangi/ mengganggu penggunanya maka pahala besar akan dilimpahkan kepada NYA, itu janji Allah SWT. Artinya apa yang telah dilakukan bapak salikun merupakan perbuatan mulia, bermanfaat dan sangat berpahala,mari kita bersama mendukung apa yang telah dilakukan oleh seseorang yang ternyata dalam kenyataanya telah terbukti membantu dalam menanggulangi permalalahan sampah yg sangat menggangu dan sulit ditanggulangi. BARAKALLAH pak salikun....

    BalasHapus