Rabu, 08 Februari 2017

Teknis Mengolah Sampah Ala Salikun Tidaklah Sulit



Mengoptimalkan kinerja tungku sampah buatan Salikun ternyata bukan perkara yang sulit. Sejak awal proses, sampah bisa dipilah-pilah. Sampah yang benar-benar tidak bisa dimanfaatkan lagi, bisa langsung dimasukkan ke dalam tungku, sedangkan yang masih bisa dimanfaatkan bisa diambil/diberikan kepada yang membutuhkan.
Proses pertama memasukkan sampah ke dalam tungku juga tidak sulit. Dalam kondisi menyala, sampah jenis apapun bisa langsung dimasukkan. Meski sampah dalam kondisi busuk dan basah sekalipun. Itupun tidak memerlukan bahan bakar sama sekali. Dan tidak perlu diragukan lagi, proses pembakaran yang dilakukan juga tidak membutuhkan waktu yang lama. Hanya dalam hitungan jam, sampah langsung terbakar habis. 
Tak hanya itu, dalam kondisi cuaca yang kurang bersahabat, seperti hujan, tungku sampah Salikun masih bisa bekerja dengan  baik. Sampah-sampah yang berada dalam tungku bisa tetap terbakar habis, tanpa harus kembali menyalakan tungku. Dalam kondisi tersebut, tungku Salikun bisa bekerja secara terus menerus dengan perawatan yang minim, atau bahkan boleh dikatakan tidak ada sama sekali. Hanya dibutuhkan seorang operator untuk melakukan pengisian sampah dalam tungku. 
Karena proses yang terus menerus, tungku Salikun menghasilkan abu sisa pembakaran dalam tempo 1 x24 jam. Untuk melakukan proses pengeluaran abu, cukup hanya dilakukan seorang operator saja.

Tungku Sampah