Selasa, 01 Juni 2010

Tungku Pemusnah Sampah


   Masalah sampah, menjadi persoalan tersendiri dalam kehidupan sehari-hari. Kehadirannya yang tak terelakkan, memunculkan dilema baru dalam kehidupan bermasyarakat. Dampak dari penumpukan sampah, kerap memicu persoalan di tengah masyarakat. Kotor, bau dan beragam dampak lainnya dari sampah menjadi pemikiran yang tiada habisnya.
Berbagai penanganan telah dilakukan. Seperti salah satunya di daur ulang untuk menghasilkan pupuk dan produk-produk baru lainnya yang bermanfaat. Namun dalam perjalanannya, proses tersebut (daur ulang) akan kembali lagi pada persoalan lama. Sampah kembali menumpuk.
Dari segala cara dan upaya yang telah banyak dilakukan, masih ada satu cara yang sangat sederhana dan praktis. Konsep tetap seperti pada umumnya, dibakar hingga menjadi abu. Selanjutnya, abu bisa kembali dimanfaatkan untuk keperluan lainnya.
Adapun pembakaran yang dimaksud adalah dengan seperangkat alat pembakar (tungku) permanen, berdinding tembok dilengkapi logam di dalamnya yang diatur sedemikian rupa. Dengan konsep tersebut, pembakaran diharapkan bisa menjadi maksimal tanpa bahan bakar jenis apapun. Konsep tersebut juga sebagai langkah inovatif untuk memusnahkan sampah dalam bentuk/kondisi apapun, seperti sampah basah, kering dan sebagainya.

Previous Post
First
Related Posts

0 komentar: