Selasa, 21 Februari 2012

cara mengatasi SAMPAH yang tepat

Tungku berukuran lebih kecil : ukuran panjang / lebar 170 cm.tinggi 430 cm dan cerobong pembuangan asap 90 cm, telah selesei pembuatannya di Cengkareng Jakarta barat, juga di Perum. Elit Puri Kemang Cimanggis Depok, serta di Perum. Tambun Bekasi timur. Meskipun dengan ukuran yang sedikit lebih kecil namun tidak mengurangi kemampuannya dalam mengatasi sampah berbagai kondisi, kering, basah busuk berbau juga yang sangat menjijikkan karena banyak belatung. Terbukti dengan awal penggunaan tungku tersebut MELAHAB sampah-sampah dengan waktu yang tidak lama menjadi abu, konsepnya tetap TANPA BAHAN BAKAR APAPUN.dengan demikian atas kehadiran tungku tersebut dilingkungan yang sebelumnya kesulitan mengatasi persoalan sampah akan bisa teratasi dengan baik.


14 komentar:

  1. Menanggapi dan menjawab pembaca yg.bertanya baik diemail,pertilpon juga di Sms : tungku ini bisa membakar sampah dengan sempurna(sampah katagori yg.sama skali tdk.dpt.dimanfaatkan)penanya dipersilahkan baca di judul mengintip dapur pembakaran dgn.alat itulah hsl.rancangan saya sendiri,alat tsb.berfungsi pengurai sampah dgn.sendirinya,mengeringkan yg.basah sblm.mencapei rongga bakar,di rongga pembakaran ada saluran udara sebagei napasnya juga saluran pembuangan abu termasuk bila ada benda yg.tdk.bisa terbakar(mungkin batu dsb.)yg.terikut bersama sampah akan jatuh dgn.sendirinya(pokoknya alat ini sgt.praktis skali).Sedangkan tungku ini bisa memusnahkan sampah dengan jumlah yg.tak terbatas,itu betul salah satu contoh 1.unit dengan 3 alat pembakarnya,juga bisa ditingkatkan menjadi 5 atau lebih dan seterusnya disesuaikan dgn.jumlah sampah yg.perlu diatasi,dgn.demikian cara ini tidak ada batasan untuk digunakan mengatasi sampah berapapun juga dlm.kondisi apapun baik basa busuk berbau yg.menjijikkan,sy.kira demikian toh lain-lainya sdh.banyak yg.sdh.saya tuliskan.Trima kasih,dan himbauan aja bila betul-2 ada minat mengatasi persoalan sampah cara ini bisa diandalkan keberhasilannya unttuk mengatasi sampah yg.ada,saya hanya siap membantu bila diperlukan.

    BalasHapus
  2. Waah... benar-benar saluut buah Mbah Kun... T.O.P B.G.T dech... sekedar usul Mbah Kun... apakah bisa Ciptaan Mbah Kun yang T.O P itu... dibuatkan yang "Portable" biar lebih efisien dan ekonomis untuk digunakan dirumah masing-masing secara mandiri..........

    BalasHapus
  3. Sdr.Leka,trima kasih kunjungannya,yg.panjenengan maksudkan,di wil Mojokerto sdh.ada 20 pengguna tungku ini 4 diantaranya pengguna secara pribadi,kebetulan masing-2 itu punya pekarangan yg.luas dan ada usaha yg.berkaitan menyisakan sampah,jadi ukurannya tentu lebih kecil lagi dan itu pun digunakan se minggu skali atau saat sampah di dlm.tungku sdh.penuh,menghidupkan juga tdk.sulit krn.dilengkapi lobang penyulutan.Oh iya boleh tahu panjenengan dimana bila betul-2 ada minat tentunya ada no.Hp.saya.krn.yg.(istilahnya yg.sdh.daftar banyak skali)mungkin nanti panjenengan dpt.urutan ke berapa atau mungkin bisa saya sempatkan lebih dulu kalo tdk.jauh.

    BalasHapus
  4. Dari memperlajari Blog ini saya anggap pelajaran sangat berharga sekali,suatu cara yang jarang saya temui atau bahkan belum pernah ada sama sekali,berdasar ke tidak percayaa saya awalnya namun saya sangat menghargai pendapat orang lain seperti Bapak Salikun yang terhormat,achirnya setelah saya pelajari dan saya cermati semuanya masuk di akal,berarti cara menangani sampah seperti ini sangat mungkin untuk bisa dipergunakan,meskipun ada sebagian yang mungkin masih disembunyikan(iyakan Bpk.Salikun ?)tapi itu sudah suatu yang sangat bisa dipahami sebagei penemu caranya,saya sangat maklum,saya sangat meng kagumi temuan ini tinggal yang lain yang ada kepentingannya dengan pekerjaan yang diemban atas penanganan sampah.Salam terbaik buat Bpk.Salikun.

    BalasHapus
  5. Berarti betul-2 SADAR,dan kuharap menyadari yg.sesungguhnya betapa pentingnya mengatasi persoalan sampah(maaf kalo hanya penanganan sapah banyak ttg.hasilnya bisalihat sendiri)Dan itulah kenyataanya,dari pembuatan ke-1 hingga pembuatan ke-48 pd.bbrp.tempat juga dari tahun ke tahun sama TETAP BISA BERHASIL MENGATASI SAMPAH,juga saya tdk.pernah memproduksi juga tdk menjual hanya membantu membuatkan saja,makanya bagi para penanggung sampah yg.gak pernah berhasil gak mau(pikiran saya itu pasti tdk.ada niatan mengatasi persoalan sampah)gak salahkan saya,batin saya demikian ?.Dan juga trima kAsih Bapak yg. SADAAAAR.

    BalasHapus
  6. Kami dari pondok pesantren Al-Furqan Jember tertarik mempelajari pembuatan tungku pembakaran sampah ini. Karena di jember banyak pondok yang mandiri, sehingga membutuhkan penanganan segala permasalahan -seperti sampah- tanpa tergantung pihak luar.

    Tadinya kami ingin membuatnya secara sederhana. Namun setelah membaca blog ini kami berubah pikiran dan ingin sekaligus membuatnya dengan profesional.

    Kalau ini memang berhasil, kami ingin membaginya dengan pondok-pondok lain di sekitar Jember.

    SMK Al-Furqan Jember
    Jl. Letjen Suprapto VI No. 85 Jember
    0331-326985/0331-7272755

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo mau membuat sendiri monggo,tapi,pikir saya panjenengan gak mungkin mengerjakan sendiri,yg.jelas mengerjakan orang/tukang,lha tukang tsb.mungkin belum pengalaman juga belum mengerti segalanya,maka seyogyanya seperti yg.lain toh beberapa Ponpes,Sekolahan sdh.banyak yg.mempergunakan itu minta bantuan saya,kalo panjenengan baca semua ada Ponpes Tremas Pacitan,Ponpes Serang,Bekasi,juga beberapa Sekolahan juga beberapa perumahan di wil Jkarta,Depok atau pun di Bekasi,selain di Jawa timur sendiri,saya siap membantu membuatkan gak perlu takut harga saya gak pernah buka harga yg.penting bisa mencukupi,diantara yg.saya bantu buatkan ada yg.terkejut dan bilang (tidak sangka se murah ini katanya)dibandeng dgn.hasilnya yg.betul-2 dpt.diandalkan,dari pengalaman selama ini satu aja gak ada yg.gagal,bahkan sering kali pembakaran pertama tungku ini bertugas menghabiskan sampah timbunan yg.bertahun-tahun sebelumnya dan mesti berhasil dengan waktu yg.tdk lama(sekitar 3 / 4 hari saja),dipersilahkan kalo memang betul-betul ada minat,ada no.Hp.saya disamping(sms kalo gak terangkat.Trima kasih).

      Hapus
  7. Kepada yg.bertanya dan mengkritik(tdk.melalui kolom komentar)saya berharap sedikit mengerti,saya tahu anda pintar tapi kalo masih kurang mengerti hasilnya sama.Disini jelas skali sampah-2 yg.sama skali TIDAK DPT.DIMANFAATKAN dimusnahkan,sedang sampah yg.masih bisa dimanfaatkan saya sendiri,ya eman-eman bisa jadi uang kok.Yg.mengkritisi soal sampah gak boleh dimusnahkan,saya jawab : itu hanya BAHASANYA SAJA,samakan dengan yg.dijalankan selama ini,tujuannya menghilangkan jati dirinya sampah yg.sama skali tdk.dpt.dimanfaatkan,yg.kotor,berbau dan menjijikkan untuk berobah wujut jadi abu yg.achirnya sangat bisa dimanfaatkan,hanya saja bahasa yg.saya maksudkan pemusnahan bisa lebih cepat dan berhasil,dari pd.yg.selama ini dengan bahasa yg.pengolahan,pengelolaan apa artinya kalo tdk.pernah berhasil,yg.berdampak lebih besar ke yg.lain,misalnya sampah tetap menumpuk,antara sengaja atau tidak di buang ke sungai,berlanjut ke sungai yg.lebih besar dan achirnya bermuara ke laut dan terjadi saat ini pantai yg.dulu indah sekarang terkotori oleh banyaknya sampah.Sebaiknya sekarang buka lembaran baru,ibarat menanam pohon sekarang buahnya untuk dikemudian anak cucu kita.Dan kembali untuk mengatasi persoalan sampah saya PASTIKAN mesti berhasil,gimana tidak sampek sekarang pembuatan tungkun sudah 49 unit di beberapa tempat semuanya berhasil mengatasi persoalan sampah yg.ada.Trima kasih.

    BalasHapus
  8. sALUt da.... buat Pak Salikun.... ^_^

    1 Sampah lagi yg lom bisa teratasi....
    SAMPAH MASYARAKAT --> Termasuk Koruptor, pejabat yg enak2an ketika masyarakat menderitA
    hehehehe

    Salam dari TKP (Tunas Kelapa Pramuka)

    BalasHapus
  9. Kalo yg anda maksudkan(TKP)sebenarnya ada hanya saja kurang baik bila sy jelaskan disini,krn sy slalu berpedoman sebesar apapun manusia ada batasnya dan berbuat tanpa imbangan dan mengingat akibat dikemudian GANJARANB itu pasti ada.Sy tanya pada anda ya (TKP) ? penyakit struk itu berawal dari apa,kepada siapa yg biasa menderita penyakit tsb.dan bisakah sembuh yg bersifat total ? kan nggak ada,meskipun sdh menghabiskan beaya besar.Itu salah satu dari jawaban sy atas pertanyaan sdr(TKP)tapi bila sedikit mau berendah kepada (mbah salikun) Insya Allah bisa menunujukkan jalan keluarnya.

    BalasHapus
  10. NAWI(bacaan dibalek)15 Juni 2012 06.23

    Mbah Salikun yg terhormat ingin sekali saya ketemu lansung dan bicara berdua,saya sangat tertarik dengan apa yg mbah Salikun punyai,soal pembakaran sampah sdh banyak saya lihat secara diamdiam,betulbetul sangat bisa diandalkan namun sepertinya saya masih tertarik dengan yg lainya,karena sudah saya baca semua selain cara pembakaran sampah yg tanpa bahan bakar itu ada hal yg lain,terus terang ada yg sangat saya perlukan,bisakan mbah suatu nanti bertemu syukur kalo ada syaratnya mbah Salikun katakan syaratnya apa akan saya cukupi,terima kasih sebelumnya ya mbah ?

    BalasHapus
  11. Begitukah sdr.Nawi ? yg terpenting itu mengatasi persoalan sampah dimanapun,berapapun juga kondisi apapun bisa berhasil teratasi,toh bisa dilihat hasil setelah itu,dari pd banyak skali cara yg bersifat modern teknologi dari LN,yg di A K U I dsbg.diberitakan muluk muluk setinggi langit bagitu ganti waktu BEG GEDABEG NGGEBLAK sampah gak pernah teratasi DANA/UANG HABIS.mending cara ini uang habis tapi persoalan teratasi kan gitu sdr.Nawi,soal yg lain-lain yg saya punyai ya tentu tdk akan sulit sy berikan bagi siapa yg memerlukan,sy tdk mengharapkan apa-apa toh memberi sesuatu yg bermanfaat bagi orang lain kan ada nilai tersendiri.Singkatnya dipersialahkan.

    BalasHapus
  12. selamat pagi mbah salikun.saya sangat tertarik dgn metode jg alat panjenengan ini.brapakah RAB yg dibutuhkan utk pembuatan konstruksi trsbt dlm skala perumahan?

    BalasHapus
  13. Sangat murah skali,yg penting peminat menyediakan tempat,bahan bata,pasir semen,besi cor dan sarana kerja lainya yg tdk mahal,alat pembakaran dari sy seharga(rp...../lewat tilpon).Soal ukuran,: uk.170 cm persegi tinggi 520 cm mampu atasi sampah se kelurahan atau 10 rt.lebih kecil lagi uk.145 cm persegi tinggi 470 cm bila diperuntukkan mengatasi sampah warga 2 atau 3 Rt saja,tentu segalanya berkurang.Soal ongkos pembuatan sebageimana biasa sy.tidak buka harga namun perhitungan untuk ongkos tukang dan kuli,juga tranpotasi nya termasuk sy.pembuatan antara 6 sampek 9 hari.Niat bulat segalanya dicukupi hubungi sy sesuai urutannya/antriannya sy dtg.pembuatan dilakukan,sampah yg bertahun-tahun hanya ditumpuk saja haaaaaaaaaaaabis lah.GITU AJA KOK REPOT.

    BalasHapus