Rabu, 12 Oktober 2011

Lingkungan Bebas Sampah


Boleh percaya boleh tidak, permasalahan sampah di berbagai tempat, setidaknya bisa semakin mudah teratasi dengan inovasi tungku pembakar sampah buatan Salikun. Permasalahan sampah di beberapa perumahan, dengan kepadatan penduduk yang mencapai ribuan, menjadi semakin mudah ditangani dengan tungku pembakar sampah Salikun.
Padahal, bila melihat kondisi sebelumnya, karena belum adanya solusi untuk pemusnahan sampah yang efisien, sampah terpaksa dibiarkan hingga menumpuk selama bertahun-tahun. Namun setelah dilakukan penerapan teknologi pemusnah sampah, tumpukan sampah yang menggunung musnah oleh tungku yang hanya berukuran sekitar 180 x 180 Cm buatan Salikun.
Karena efisiensi dan efektifitas pembakaran yang dilakukan dalam tungku, timbunan sampah yang selama bertahun-tahun bisa dengan mudah diatasi. Berlanjut dengan pemusnahan sampah harian yang tentu saja lebih mudah dilakukan.

Pemusnahan sampah harian, dengan mudah dilakukan dalam waktu sekejap saja. Bayangkan saja sejak proses awalnya. Sampah yang dimasukkan dalam tempat sampah, selanjutnya diambil petugas pemungut sampah dan dilanjutkan ke tempat pembuangan akhir. Ditempat inilah sampah selanjutnya dibakar habis di dalam tungku Salikun yang melakukan proses pembakaran tiada henti setiap harinya.
Sebelum dilakukan proses pembakaran, biasanya petugas pemungut memilah-milah sampah. Beberapa sampah yang dinilai masih bisa dimanfaatkan biasanya diambil kembali. Sementara sisanya, langsung dimasukkan dalam tungku pembakar sampah. Didalam tungku yang telah berproses setiap hari, sampah dengan mudah dihancurkan dengan cara dibakar tanpa menggunakan bahan bakar. Panas tungku yang tetap stabil, dengan mudah memusnahkan sampah hingga melebur menjadi abu.
Di sisi lain, karena suhu yang tetap terjaga selama berproses, membuat tungku Salikun dengan mudah melumatkan berbagai jenis sampah. Tak peduli sampah basah maupun busuk, sampah anorganik, dan masih banyak jenis lainnya. Menurut Salikun sendiri, sampah keras seperti botol baik plastik maupun kaca, dengan cepat meleleh. " Bahkan kaleng sekalipun bisa hancur dengan cepat di dalam tungku. Kita bisa membuktikanya dengan melihat langsung dilubang pembuangan sisa pembakaran, " ungkapnya.
Maka, dengan kata lain, tungku Salikun adalah solusi untuk mengatasi permasalahan sampah dan menjadikan lingkungan semakin bersih dan bebas sampah.

31 komentar:

  1. gambar tungku dimulainya pembakaran sampah yg.tidak bermanfaat,dari tumpukan sampah warga se perumahan yg.berjumlah 1.120 rumah,sampah yg.se gunung akibat terkumpulnya selama 4 tahun.Dan sampah telah lenyak dlm.waktu hanya 5 hari.hwih-hwih-hwih saya HEEEEBAT.Dipersilahkan bagi yg.kesulitan atasi sampah saya siap membantu.

    BalasHapus
  2. Apakah bertambah hebat ataukah bertambah suliut dipercaya ? bila betul-betul tambah hebat cara anda itu betul-betul sangat dapat diandalkan,tetapi bila betul-betul sulit untuk dipercaya kebenarannya,gimana pertanggung jawaban atas kata-kata dimaksud,bagemanapun telah dibaca banyak orang,disaat sulitnya mengatasi persoalan sampah,karena sudah banyak cara bahkan di Negara maju saja mengatasi sampah dengan incenerator aja menggunakan bahan bakar itu pun belum bisa menyeleseikan secara tuntas,apa lagi yg.seperti buatan anda yg.bila diamati secara sepintas segalanya kurang memenuhi syarat,saran buat anda pak Salikun koreksi lagi mungkin masih ada banyak kekurangannya,juga bila ada nya para peminat kecewa apa bila tidak sesuai dengan yg.anda sampekan.Maaf agak kritis.

    BalasHapus
  3. soal hebat,tentu heeeebat skali,biasa saya katakan mengatasi soal sampah apapun sama skali tidak sulit dan pasti berhasil,karena memang betul-betul tidak sulit,dengan alat yg.sangat sederhana,beaya tidak besar,operasionalnya juga tidak sulit,namanya dibakar tanpa menggunakan bahan bakar apapun,berapapun sampah dlm.kondisi apapun basah busuk tidak ada yg.berat dan dipastikan teratasi,soal sulit dipercaya atau tidak bukan seorang saja yg.bertanya tetapi bagi saya itu lumrah karena memang betul-betul belum tahu yg.sebenarnya,diatas sudah ada antara percaya atau tidak,ditambah dengan banyaknya yg.sudah menggunakan cara ini yg.kesemuanya juga tanpa dengan bahan bakar apapun hasilnyapun betul-betul sesuai harapan bahwa sampah-sampah telah teratasi.Dan juga saya paleng senang bila banyak yg.belum percaya,karena yg.percayapun juga banyak dan mengharapkan saya untuk membantu membuatkan,ibaratnya saya sudah kwalahan,dan bila semua percaya tambah bagemana nantinya yg.jelas saya akan lebih berat lagi karena terlalu banyaknya yg.meminati.

    BalasHapus
  4. (weleh-weleh-weleh aku wes pewrcoyo)iyayaya,aku sdh.percaya,memang betul-betul hebat bisa memusnahkan segala macam sampah meskipun tanpa bahan bakar,semulanya memang saya tidak percaya sama sekali,apa lagi banyak pakar yang mengatakan negara maju saja membakar sampah dengan bahan bakar,termasuk di beberapa tempat sampah(TPA)membakar sampah pakek alat yang alatnya menggunakan bahan bakar minyak,yang tanpa alat dibakar secara terbuka yang asapnya kemana-mana ketiup angin,dibandeng cara ini yang sudah pernah saya lihat jauh lebih berhasil danbetul-betul berhasil,bukan seperti yang lain yang sepertinya SANDIWARA SAJA,gimana tidak yang katanya sampah buat pupuk atau kompos ternyata mana pupuk juga komposnya tidak pernah ada,juga banyak sampah yang dibuang ke sungai lihat aja nanti di sungai bila waktunya banjir pertama,pokoke jangan bohong memang itu nyatane,bpk.Salikun tidak lama lagi (nunggu kumpulnya uang)tolong buatkan tungku di tempatnya untuk warga di lingkungan saya biar tidak selalu ada masalah dengan sampah,soal beaya akan saya tanggung sendiri,terus maju bpkj.Salikun saya mendukung.Mbah Joyo senggol.

    BalasHapus
  5. Slamat malam mbah joyo senggol,tentunya mbah ini sudah tua ya,ketikane banyak yg.mrucut,tapi saya sudah paham maksudnya juga trima kasih atas dukunganya,dan betulkah mbah sudah pernah melihat tungku buatan saya,tentunya betul juga kesimpulan mbah,setelah melihat lansung,bahwa tungku buatan saya yg.tanpa bahan bakar apapun nyata-nyata sangat bisa memusnahkan sampah-2 yg.tidak bermanfaat itu,juga kalo memang mbah pernah lihat di tungku yg.saya kelola sendiri(Hasil Akhir Lebih Penting)buatan tgl.3 Januari 2006 ukuran cuma 190 x190 cm,telah mengatasi sampah 1 pasar,50 warung dan sampah warga mungkin sekarang ada 10 kampung(yg.membuang)setiap harinya tanpa menyisa sama skali sampah-2 yg.tidak bermanfaat lenyak jadi abu,makanya mbaaaaah,saya berani katakan,cara saya mengatasi sampah ANTI GAGAL,kepada saudara=2 yg.mempunyai cara lain mhn.tidak tersinggung,bahkan saya slalu siap membantu bila ada yg.ingin mempunyai alat pemusnah ini yg. belum bisa membikin sendiri.Pokok nya gini lo mbaaah,segala persoalan di Dunia ini ada cara dan jalan keluarnya,berusaha/iktiar Tuhan slalu memberikan petunjuk,kalo suatu saat tak pameri cara yg.lain mbaaah nanti akan bertambah heran,misalnya mbah sudah usia 60 tahun,minta perkasa lagi seperti di usia 20 tahu bahkan lebih dari usia itu,ada mbah caranya,juga tidak sulit sama skali,semuanya saya tidak asal bicara mungkin sudah ribuan yg.pernah tak bantu dan rata-rata berhasil.Tetapi mbaaah semua itu ada dampaknya,misalnya mbah yg.sudah usia 60 th.akan beristri lagi, bisa lebih dari satu.Skali lagi trima kasih mbah dan mhn maaf,salam dari Mojokerto.

    BalasHapus
  6. Ini cocok buat saya,jadi selain persoalan sampah yg.bisa cepat teratasi,masih ada cara lain,saya boleh mendaftar untuk pasennya,biar saya yg.sudah usia 52 banyak kemundurannya ini untuk menjadi bangkit kembali ? (sama-sama reng jebe temor)yg.penting syarat apa saya akan siapkan.Terima kasih.

    BalasHapus
  7. kang Salikun ini di lingkungan saya sudah sepakat untuk kang Salikun buatkan tungku untuk mengatasi persoalan sampah,karena untuk menghindari pembuangan ke sungai,seluruh warga sepakat lanjut diperlukan lahan seluas berapa untuk pembuatan tungku itu yg.sedianya untuk mengatasi sampah warga 3 RT/Se RW,mengingat tidak ada tempat yang luas,Dan minggu depan saya dan beberapa pengurus akan datang ke tempat kang Salikun,soal dana sudah siap.trims.Juga khusus bang Brudin kok yo tanggap sekali adanya jurusannya itu,maaf bang ya.

    BalasHapus
  8. Nama yg.sangat baik,slalu minta minum ya,guyonan mhn.tdk tersinggung,kembali pd.persoalan sampah,menurut saya memang sangat diperhatikan untuk menghindari pembuangan sampah ke sungai,hanya saja kok ya baru panjenengan yg.punya ide demikian,yg.lain dan bahkan yg.semestinya mencegah pembuangan sampah ke dlm.sungai lemana dan dimana ?oke lah bila ditempat panjenengan memerlukan,toh sudah ada kesepakatan disiapkan saja bahannya,untuk tempat/lokasi tdk.perlu yg.luas,pembuatan juga tdk.perlu yg.besar toh hanya sampah warga se RW.saja,cukup ukuran 160 cm.bisa-bisa kurang sampahnya,di persilahkan datang di Mojokerto skaligus melihat lansung tungku yg.ada di tempat saya.

    BalasHapus
  9. Sy.condong sekali dengan temuan ini cara yg.sangat bagus efektip dan betul-betul bisa dipercaya keberhasilannya untuk mengatasi permasalah sampah di negri kita ini hanya saja,apa persoalannya atau yg.sulit sampe-sampe persoalan sampah sampek sekarang masih menjadikan persoalan yg.tidak teratasi,sebenarnya semua juga berkewajiban menjaga lingkungan,dimana salah satunya adalah persoalan sampah yg.masih belum teratasi karena bukannya tidak mampu,tetapi belum menemukan cara yg.bisa tepat untuk mengatasinya,dengan temuan ini mestinya sangat cocok sekali untuk di gunakan,dikembanmgkan,dan dengan cara ini betul-betul bisa berhasil tentu hasil lainya juga teraih.

    BalasHapus
  10. Trima kasih semua saja yg.telah membaca dan yg.memberi komentar,juga yg.bersifat bertanya,saya salikun Mojokerto(No.Hp.ada dua di blog.ini)silahkan saja yg.bila mana perlu bantuan saya untuk cara membuat tungku pemusnah sampah,cara ini mesti berhasil mengatasi sampah yg.ada,perlu dicatat bahwa cara ini bagekan RUMUSAN dimana yg.namanya rumus itu pasti(contohnya 3x3 pasti ada 9)tidak ubahnya cara ini untuk mengatasi soal sampah PASTI BERHASIL sebagemana biasa dlm.komentar saya,bahwa saya tdk.memproduksi,tidak menjual sekedar menginformasikan juga bersedia membantu bagi yg.betul-betul memerlukan,itu saja,trima kasih.Stop.

    BalasHapus
  11. Bagi para peminat yg.melalui tilpon ataupun SMS,yg.telah membaca di sini,dibaca bersama saja di sini untuk pembuatan tungku pemusnah sampah tanpa bahan bakar,cukupi bahannya dan disapkan dananya untuk ongkos kuli dan tukang,sedangkan mesin pembakarnya berupa rangkean baja cukup dengan harga Rp.500.000,- bisa melumatkan ratusan ton sampah basah atau busuk yg.sama skali tidak bisa dimanfaatkan itu aja,silahkan hubungi saya lagi kalo sudah siap persyaratannya.Trima kasih.

    BalasHapus
  12. Dislingbersipah21 Desember 2011 08.08

    Para pembaca perlu di ketahui pihak... dlm.mengatasi persoalan sampah sudah ada aturannya sesuai Undang-undang yg.mengatur smua itu jadi tidak asal-asalan saja semua sudah ada dasar dan aturannya yg.harus dikerjakan,kalo ada warga masyarakat yg.punya inisiatip membantu mengatasi persoalan sampah misalnya di lingkungannya ia tinggal itu bagus akan tetapi caranya itu sangat penting mengingat semua itu ada aturan dari Undang-undang yg.diberlakukan,demi menghindari dampak-dampak yg.berpengaruh negatip pada lingkungan itu sendiri,termasuk pembakaran sampah itu larangan,makanya pihak pemerintah menyediakan cara-cara pengolahan sampah,daur ulang atau cara-cara lainya yg.sudah banyak di sosialisasikan kepada warga masyarakat pentingnya menjaga lingkungan.

    BalasHapus
  13. Sebaiknya dlm.berkomentar tdk.mencari-cari hal yg.bersifat negatipnya aja,karena kapan kita biosa maju kalo itu-itu saja yg.dicari,memang semuanya itu pasti ada hal-hal yg.bersifat negatip atau umumnya kekurangan atau juga kendala,bagi orang yg.pintar tdk.akan hal itu diungkit-ungkit tetapi dicari solusinya dan disarankan.Juga mengamati inti dari komentar anda tsb.dpt.disimpulkan bahwa sampah tdk.boleh dibakar,coba sedikit mengertilah bahwa itu adalah sebagian dari caranya saja,tetapi kalo ditinjo dari maksud dan tujuannya kan melenyapkan sampah-sampah yg.tidak mungkin bisa di olah,dan yg.anda maksudkan diolah untuk pupuk kompos yg.prosesnya memakan waktu lama,sedangkan cara pak Salikun itu ibarat perjalanan yg.ambil jln.pintas demi kecepatan mengingat persoalan sampah semakin hari semakin banyak berdatangan,ok lah kalo itu komentar anda tetapi komentar saya terus saja lanjut pak Salikun yg.terpenting adalah demi lingkungan masyarakat khususnys persoalan sampah bisa teratasi.

    BalasHapus
  14. Endang sari,Surabaya24 Desember 2011 08.03

    Emangnya kalo cocok dan bisa dipakek terus bisa hasil kan kagak perlu dipermasalain dong justru kita dukung,emang teorinya kagak boleh sampah di bakar tapi harus diolah,tapi hasilnya kagak pernah bisa selesei.

    BalasHapus
  15. Membaca nya mungkin kurang lengkap dan atau salah menafsirkan,juga(mungkin)dasar pribadi/persaingan dsbg.,saya sendiri tahu dan membaca Keputusan DPRRI dan Presiden RI ttg.pengolahan sampah utamanya Bab X psl.29(1) justru dpt.mencegah terjadinya pelarangan yg.tsb.pd.huruf e dan g.Juga pd.pasal yg.lain segi pemanfaatan nya menjadikan abu bisa untuk penyubur tanah,jadi agar tahu juga saya pun tidak sembarangan,meskipunhanya sedikit juga mengikuti aturan apa lagi soal lingkungan bila sampek mengganggu lingkungan tidak perlu menunggu tegoran dari penguasa warga sekitar sudah membubarkan cara ini,gitu aja dan trima kasih juga mhn.maaf.

    BalasHapus
  16. Kata bu Endang memang benar. Bicara soal penanganan sampah dengan cara didaur ulang dan sebagainya memang gak ada selesainya. Bila ada peraturan baru untuk penanganan sampah yang tidak boleh dibakar (baca:dimusnahkan) harusnya diikuti dengan solusi yang sepadan, BAGAIMANA MEMUSNAHKAN SAMPAH SECARA EFISIEN, BAIK EFISIENSI WAKTU MAUPUN BIAYA. Dengan demikian, bila efisiensi bisa terjaga, penanganan sampah yang bertele-tele tidak akan menimbulkan permasalahan baru.

    BalasHapus
  17. Di bandeng dengan cara-2 yg.lain ya jauh tingkat keberhasilannya MENGATASI PERSOALAN SAMPAH yg.ada di lingkungan dimana saja,yg.perlu saya perjelas adalah soal pemusnah yg.berarti kan meniadakan sampah yg.sangat(mengganggu lingkungan,yg.kondisinya slalu basah,busuk berbau tidak dapat dimanfaatkan sama skali bahkan sangat mencemari lingkungan)sedangkan cara yg.lain di fokuskan pengolahan,sedangkan sampah yg.bisa diolah bila dihitung sekitar 10 persennya saja,makanya ya TIDAK AKAN BERHASIL SAMPAEK KAPAN PUN,soal memilah saya kira sebagean kecil saja yg.mau melanuut,dan menuerut saya tanpa diharuskan memilah pemulung punya kwajiban dan slalu berjalan mulus.Yg.paleng menjadikan keheranan saya,berbage tulisan dalam pemberitaan ttg.cara mengatasi tidak pernah ada yg.menjurus pada pokok persoalannya,mbok tahu(itu semua orang pinter,terkemuka,ahli dlm.segala persoalan utamanya sampah)dimana-mana dan sampek saat ini sampah yg.tak pernah teratasi dan perlu ditindak lanjuti itu kan sampah-2 selain yg.masih bisa dimanfaatkan/selain yg.biasa dipungut pemulung yg.jumlahnya sangat lebih besar,memang cara untuk mengatasi sampah yg.demikian itu belum ada,kalo toh ada jelas tidak mampu,maka dari itu saya temukan cara ini yg.tidak pernah gagal dlm.mengatasi sampah yg.ada.itu saja ya trimakasih.

    BalasHapus
  18. Menanggapi komentar pak.Salikun TIDAK AKAN BERHASIL SAMPEK KAPAN PUN,menurut aku itu salah yg.bener itu tetap berhasil,karena yg.namanya berhasil itu kan ada uang masuk,contonya tukang kerja membikin rumah biar bisa jadi dlm.waktu 5 hari akan lebih baik jadi waktu 15 hari,yg.berarti uang masuk akan lebih banyak.

    BalasHapus
  19. Saya kira sudah cukup jelas,dan bila perlu di perjelas lagi silahkan bandengkan(buka)pemberitaan tentang cara penanganan/mengatasi sampah,kondisi sampah di tahun-2 sebelum 2011,begitu jatuh waktu tahun 2011 apa yg.terjadi ? dimana-mana sampah tetap rame dengan persoalannya karena tidak teratasi,sedangkan cara ini(teknologi pemusnah sampah)dibuat pertama kali tahun 2006 Januari tgl.3 diberitakan berhasil hingga saat ini tentunya kedepan TETAP berhasil mengatasi sampah yg.ada begitu juga beberapa tempat yg.sudah menggunakan cara ini SUDAH TIDAK REPOT lagi dengan persoalan sampah,maka nya siapa saja dipersilahkan gunakan cara ini kurang jelas/perlu bantuan saya untuk pembuatan saya slalu siap demi sampah teratasi.salikun Mojokerto.

    BalasHapus
  20. Agus widodo Yogya4 Januari 2012 03.44

    Sy.ikuti terus dan juga sy.bersama warga perumahan akan ada niat membuat pemusnahan sampah tersebut,dengan banyak pertimbangan termasuk mempelajari hukum dan peraturannya,betul di Bab X psl.29 tidak termasuk yg.dilarang sehingga para warga perumahan memutuskan akan membuat pemusnahan sampah dari pada sampek saat ini sangat resah sekali akibat sampah yg.belum pernah teratasi,untuk itu pak Salikun mohon kesediaanya untuk membantu,trimaksih sebelumnya.

    BalasHapus
  21. Bpk.Agus Widodo ok.saya siap,berari nantinya di Yogya akan ada 5,karena yg.pesan dan sdh.masuk ada 4,begitu juga yg.di Solo,Surakarta,Gresik dan Sidoarjo termasuk Surabaya,sabar dulu,karena saat ini pun saya masih mengejakan pemesan yg.lebih dulu belum selesei.Memang sangat benar dan sangat cocok untuk mengatasi persoalan sampah di lingkungan perumahan,seperti yg.saya kerjakan sekarang ini bertahun-tahun perumahan tsb.resah skali dengan tidak ada nya solusi mengatasi persoalan sampah(sebenarnya sudah ada tetapi sama skali tidak menyeleseikan masalah sampah).Dengan pembuatan tungku ini diharapkan nantinya seperti di perumahan yg.lain yg.sudah menggunakan tidak akan ada persoalan lagi dengan sampah karena telah teratasi.Trima kasih.

    BalasHapus
  22. Salam; dilingkungan sy "perumahan dengan total rumah sekitar 225 rumah" ; saat ini baru dihuni 90 rmh; kalau dengan "tekhnologi tungku yg bapak ciptakan" ; berapa ukuran tungku yang hrs kami buat ( pj? lbr? tinggi? ); Mohon kami diberi gambaran "disain tungku tsb" trimaksh.

    Warga Perumahan Pesona Cinangka Asri, SAWANGAN-KOTA DEPOK-JAWA BARAT

    BalasHapus
  23. Bpk.Margono,sebageimana pertanyaan yg.lain juga baik di sini,di email juga sms.untuk yg.panjenengan tanyakan biasanya saya buat ukuran standar nya 180x180cm tinggi bangunan 370 cm cerobong 150 cm,jadi tingginya keseluruhan 520 cm.dari ukuran tsb.sebageimana biasa dan banyak saya maksudkan mampu mengatasi sampah warga se keluarahan yg.kurang lebihnya 1000 rumah,itu kalo operatonya giat kerjanya bisa kurang sampahnya,praktisnya tidak perlu memikirkan kondisi sampah basah atau cuaca hujan,dan lagi pemusnahan /pembakaran tanpa menggunakan bahan bakar apapun.Demikian bpk.Margono trima kasih dan mhn.maaf.

    BalasHapus
  24. Sy.sebenarnya ikut bertanya seperti yg.dr.Depok,tapi bpk.Salikun sdh.jawab,jadi sy.sdh.jelas dan seperti yg.sdh.sy.sms.ke bpk.Salikun blm.sy.terima balasannya,urutan ke brp.dlm.antrian sy.untuk pembuatan di tempat sy.mhn.sesegera mungkin.BAMBANG surabaya luar.

    BalasHapus
  25. Ya sabar dulu,yg.perlu saya bantu pembuatan alat pemusnah sampah sangat banyak skali,kebetulan di saat ini sedang buat di wil.Jakarta dan wil.Jabar,ya skalian aja para tenaga saya melanjut dulu,setelah kembali dari Jakarta atau Jabar bisa membantu yg.di wil.Jatim termasuk permintaan panjenengan Bpk.Bambang.Tdk.perlu tergesa-gesa alat saya bisa dan mampu melumatkan seberapa banyaknya sampah meskipun sampah timbunan beberapa tahun sebelumnya yg.gak pernah teratasi,akan bersih dengan waktu singkat bila sudah di operasikan.

    BalasHapus
  26. KESIMPULAN SAYA,BAGI SIAPA SAJA YG.BETUL-2,SY.ULANI YG.BETUL-2 BERKEHENDAK MENGATASI PERSOALAN SAMPAH DENGAN HARAPAN BERHASIL,PAKEK CARA INI TOH SY.TDK.MEMPRODUKSI TDK.MENJUAL SEKEDAR MEMBANTU MEMBUATKAN,JUGA TDK.MELANGGAR UU.YG.ADA.DARI PD.CARA LAIN YG.JUMLAHNYA RATUSAN TDK.SATU PUN YG.MENEMUI HASIL(BILA BERKATA JUJUR.SEMUA TAHU LAUT/PANTAI BANYAK SAMPAH,DARI MANA ITU YG.JELAS BANYAKNYA PEMBUANGAN KE SUNGAI,HANYUT DST KE LAUT.KRN.TDK.MAMPUNYA MENGATASI SAMPAH YG.ADA.

    BalasHapus
  27. salam sukses buat mbah salikun, saya sudah email mengenai keluhan sampah di tempat saya, saya sangat mengharapkan bantuan bapak untuk membantu pembuatan pemusnah sampah, perumahan saya sampai sekarang untuk sampah belum teratasi, klau mbah salikun ingin membantu warga di perumahan saya saya sangat senang sekali dan besar harappan saya sebesar harapan warga di perum papan mas bekasi tambun.

    BalasHapus
  28. trima kasih P.Iim hadiwijaya,sdh.saya baca juga di sms.nya begitu juga jawaban saya pada sms.Sesuai janji saya membantu kalo ada perlu bantuan saya ttg.pembuatan tungku pemusnah sampah bagi sampah-2 yg.sama skali tdk.dpt.dimanfaatkan,hanya saja ada kendala jarak yg.jauh mungkin ada ke tidak tepatan waktu namun saya tetap berusaha.Begitu juga warga perumahan kalo sdh.sepakat mohon kiranya tdk.ada permasalahan,kadang-2 se perumahan ada 1 atau 2 org.yg.tdk.senang dsb.akan bisa menimbulkan permasalahan.Demikian trima kasih.

    BalasHapus
  29. Selamat pagi, Sekedar informasi kami saya punya usaha jasa pengankutan sampah dalam sehari -/+ 20 kubik, yang ingin saya tanyakan berapa jam pemusnahan dalam pembakaran untuk 20 kubik tersebut? Mohon penjelasannya. Heri_Serang-Banten Kontak 087773333317

    BalasHapus
  30. Pak Heri yg di Serang Banten,sdh tersambung di tilpon,sebegeimana dlm pembicaraan tinggal kelanjutannya aja,yg jelas dengan penemuan cara yg mesti berhasil ini sy tdk pernah menjual,sekedar menginformasikan dan membantu kalo toh ada yg punya minat membuat tungku untuk mengatasi persoalan sampah yg ada,tentunya segala beaya ditanggung peminat,Ok.

    BalasHapus
  31. Salam kenal pak Salikun. Ide pak salikun cukup cerdas. Ide ini patut diapresiasi. jika memang ada kekurangan, mestinya didukung dan dibantu untuk disempurnakan. memang ada yang telah melakukan penelitian metode lain yang mengklaim bahwa prosesnya lebih maksimal, ramah lingkungan, bisa mengurangi efek negatif residu dan polusi udaranya. tapi persoalannya, lagi-lagi uangnya. model ini dibanderol biaya 30jt (baca: http://megapolitan.kompas.com/read/2011/06/13/03330186/Pembakaran.Sampah.Nirracun#komentar ). biaya sebesar ini tentu saja bukan solusi mudah bagi warga kalangan bawah.
    Kalo desain pak salikun sendiri, kira-kira berapa ya, total biaya pengerjaannya?
    Terima kasih.
    grageimage@gmail.com

    BalasHapus