Selasa, 12 Juli 2011

Hasil Akhir Lebih Penting

Kendati tetap menomorsatukan optimalisasi saat pembakaran, namun tungku Salikun tetap memperhatikan efisiensi di hasil akhir pembakarannya. Ini terbukti dengan hasil dari sisa pembakaran yang dihasilkan. Abu pembakaran sampah, justru bernilai ekonomis tinggi.
" Memang semua bisa dibakar. Tapi efisiensi untuk memanfaatkan pembakaran maupun sisanya lebih penting, " ungkapnya.
Menurut Salikun, tungku pembakar sampah buatanya juga diklaim ekonomis. Ini bisa dilihat dari kondisinya yang bisa bertahan hingga bertahun-tahun lamanya, meski melakukan pembakaran setiap hari tanpa henti.
" Ini bisa dilihat dari tungku pertama yang saya buat pada tahun 2006 lalu. Hingga kini tidak pernah mengalami masalah atau kerusakan yang berarti, " katanya sambil menunjukkan tungku kebanggaanya di Dusun Kademangan, Desa/Kecamatan Dlanggu.
Dikatakanya, Tungku yang dibuat di depan rumahnya tersebut merupakan cikal bakal tungku-tungku lain yang telah dibuatnya. Salikun menciptakan tungku tersebut, awalnya hanya sebagai uji coba untuk mengatasi sampah yang menumpuk di desanya.
" Ini yang pertama saya buat, sekaligus sebagai uji coba untuk mengatasi masalah sampah di desa saya," katanya seraya menunjuk tungku yang kini tengah dirombaknya.
Menurutnya, tungku yang dibangun sejak lima tahun silam tersebut hanya dirombak pada beberapa bagian tertentu saja. Itupun dilakukan hanya untuk menambah kapasitas muat pembakaranya saja. Seperti meninggikan cerobong asap serta mengganti pemanas dalam tungku.
" Yang perlu diganti secara berkala adalah bagian pemanasnya. Yang lain saya kira tidak perlu. Penambahan tinggi cerobong yang saya lakukan ini hanya untuk mengantisipasi asap, supaya lebih dingin dan mudah terbawa angin, " tambanya.



37 komentar:

  1. cara ini adalah sangat tepat dan slalu berhasil mengatasi sampah-2 yg.dengan cara lain belum ada yg.mampu,mengatasi sampah seperti ini,setiap harinya terisi sampah-2 yg.gak mungkin teratasi dengan cara/alat lain,juga tidak sedikit,mengatasi sampah 1 pasar,50 warung dan sampah-2 warga dari beberapa desa yg.tidak bisa dihitung banyaknya,bukan ajaib alat ini yg.tanpa bahan bakar apapun namun mampu dan berhasil melumatkan segala sampah dlm.kondisi basah dan busuk hingga menjadi abu.

    BalasHapus
  2. trima kasih dari beberapa pembaca yg.telah menyampeikan ucapan selamat keberhasil ini,melalui imel,juga pertilpon,bahkan beberapa diantaranya sangat tertarik untuk saya bantu pembuatannya,dan telah sepakat,tindak lanjut sudah saya bantu pembuatannya,yg.hasilnya betul-2 dpt.dirasa telah menyeleseikan sampah-2 yg.selama ini menjadikan kendala persoalan tak teraasi meskipun ada cara dan alat-2 lain.Dan mhn.maaf bagi yg.belum saya bantu pembuatannya karena terlalu jauh dari tempat saya khususnya Sumatera,utara,lampung dan jambi,juga Kaltim.yg.bahkan pernah datang dan melihat lansung.harapan semoga lain waktu ada sempat,Trima kasih.

    BalasHapus
  3. joyomaruto1957@gmail.com24 September 2011 03.28

    menurut keterangannya tungku pembakar sampah tersebut tidak menggunakan bahan bakar,melihat gambarnya banyak abunya,pertanyaan,dari mana apinya,apa mungkin bisa membakar tanpa bahan bakar,apa lagi sampah-2 yg.basah bisa terbakar ?pikiran saya kok jadi aneh-aneh ?

    BalasHapus
  4. menurut saya gak usah dijadikan yg.aneh-2,memangnya cara yg.saya lakukan begitu,betul-2 tanpa bahan bakar apapun dan nyatanya mampu memusnahkan sampah-2 yg.selama ini menjadikan persoalan tidak teratasi,yg.tidak mampu diatasi dengan cara dan lain,sehingga siapapun dlm.mengatasi sampah dengan cara ini pasti tidak ada lagi persoalan dengan sampah karena telah teratasi,sebagemana 42 unit tersebar di beberapa tempat semuanya tidak ada masalah.Trms.

    BalasHapus
  5. sebenarnya bagus kalo memang benar dan mohon diperboleh bila saya bersama teman-teman hendak melihat lansung ke tempat pembakaran tersebut,diantara teman-teman ada yg.masih meragukan apakah benar pembakaranya tanpa menggunakan bahan bakar sedang yg.dibakar sampah yg.busuk basah berbau,karena diperumahan saya yg.sampah tak terjangko dari Dinas yg.menangani sampah,dan sampah warga sangat banyak pembuanganya pd.tempat seadanya,sehingga pd.saat dimusim penghujan baunya sangat mengganggu.Invormasi 1.perumahan 120 rumah/warga memerlukan berapa alat pembakaran nantinya beaya berapa juga dampak pembakaran.

    BalasHapus
  6. saya ralat pak diperumahan saya bukan 120 rumah tetapi 1.120 rumah mohon maaf.

    BalasHapus
  7. dipersilahkan saja yg.mau hadir bertujuan melihat lkansung ditempat saya hanya saja saya belum tahu jenengan dimana,pikir saya bila jauh dari tempat saya bisa melihat pada yg.paleng dekat,sebagemana banyak saya informasikan,dibeberapa tempat yg.dekat dengan tempat penjenengane,tapi gak papa kalo toh sudah ada kesepakatan denganteman-2 lainya datang ke tempat saya,juga yg.sudah datang ke tempat saya untukmelihat l;ansung banyak skali bukan hanya dari Indonesia saja dari Negara Asia timur juga dari Eropa.Soal pembuatan dan untuk sampah warga 1120 warga dari pengalaman sayacukup 1.saja uk.180 cm.saudah cukup mengatasi sampah warga tsb.sedangfkanbeaya sebagemana saya tidak menjual sekedar membantu membuatkan untuk itu cukupi bahannya dan beaya untuk tukang batu dan kulinya satu minggu selesei dan bisa dioperasikan tewrmasuk sampah-2 timbunan mungkin 1 atau 2 tahun bisa juga diatasi.Lebih enan bila nanti sudah ketemu lansung.rimakasih.

    BalasHapus
  8. Bapak salikun saya salut buat anda apa yg.anda lakukan sebagean saya sudah melihat lansung,di lapangan utara pasar dlanggu sering saya lewati dan secara tidak lansung saya perhatikan begitu juga di sekolahan SMPN II dlanggu dan SMK Pohkecik hanya saja yg.di SMPN I dlanggu saya yg.belum melihat di mana tungkunya,dan saya percaya usaha anda itu betul-betul suatu usaha yg.tidak sia-sia dan nyata-nyata membantu terciptanya lingkungan yg.bersih dari noda sampah,sekali lagi saya salut dan saya akan bantu untuk beberapa sekolahan yg.masih ada kesulitan menghadapi sampah akan saya sarankan hubungi anda,bersediakan anda bila diperlukan ?

    BalasHapus
  9. Pak.Joni,trima kasih panjenengan memperhatikan saya dan juga adanya niat membantu bagi lingkungan yg.masih kesulitan atasi sampah,saya sangat bersedia membantu,hanya saja pekerjaan saya sendiri yg.pokok juga yg.meminati untuk saya bantu pembuatan sangat banyak skali shg.yg.lebih dulu tentunya yg.hrs saya dulukan,namun saya tetap bersedia semampu dan se optimal mungkin.demi membantu mengatasi segala persoalan sampah.

    BalasHapus
  10. Kalo pak Salikun mengatakan pasti berhasil,tetapi saya mungkin juga selain saya penuh keragu-raguan ya mohon maaf, apakah dengan perkataan pasti bukankah perkataan yang sombong ? karena apa,namanya berusaha,bahkan dengan alat yang sangat medern saja dengan di dukung kecanggihan lainya tidak pernah ada yang bilang pasti berhasil,juga pengalaman banyak sekali dengan menjamin kepastian namun semoga berhasil itu saja,mohon koreksi dan maaf.

    BalasHapus
  11. betuuuul,bukan hanya sampean aja,mungkin yg.lain juga saya sendiri,juga bukan hanya sombong,tetapi sombong skali.Tetapi kesombongan ini ibaratnya menghitung 3x3 PASTI ada 9 kan gitu,jadi ini tidak ubahnya rumus yg.pasti,begitu juga alat pemusnah sampah yg.saya buat ini,sangat mudah skali mengatasi sampah tentunya dengan cara dibakar dalam tungku tsb.tanpa bahan bakar apapun sampah-2 basah busuk yg.sama skali tidak bermanfaat MUSNAH JADI ABU,juga tidak pandang cuaca hujan,yg.namanya sampah buangan pasar,warung,warga yg.begitu banyaknya dalam kondisi semuanya basah oleh hujan,begitu masuk tungku asap putih membumbung ke atas bagekan keluar dari pucuk gunung berapi.pertanda di dalam api besar membara,panas mengeringkan yg.basah pada saatnya sampah yg.basah sampek dirongga pembakaran sampah sudah kering,begitulah seterusnya,sehingga tungku pembakaran ini tidak pandang sampah basah busuk,cuaca hujan,tetap berjalan memusnahkan sampah-sampah yg.gak bermanfaat tsb.OK.

    BalasHapus
  12. Dengan tingginya apa yg.pak Salikun katakan bahwa mudah sekali cara mengatasi persoalan sampah,dan selalu berhasil,pada sisi lain saya membaca persoalan sampah kota Mojokerto,pd.mojokerto-inside judul Menggungat Piala Adipura,antara lain sampah diluar kota Mojosari,berserakan dibeberapa wil.termasuk juga di delanggu,berarti delanggu yg.ada tungku pemusnahan sampah itu ternyata sampah-sampah di sekitarnya masih banyak berserakan,dengan demikian apalah artinya dengan tungku yg.katanya mampu mengatasi sampah ? cukup.

    BalasHapus
  13. Sebelum memberi komentar seyogyanya membaca dulu atau pelajari pokok permasalahannya,soal di dlanggu itu banyak sampah yg.berserakan dan sebagenya,itu bukan urusan saya mestinya anda tahu sendiri,dalam artikel ini saya secara pribadi menemukan cara mengatasi sampah yg.pasti berhasil teratasi itu hanya untuk di lingkungan saya sendiri juga sebagean warga diluar lingkungan yg.istilahnya titip membuang di tempat sampah yg.saya kelola,juga membantu bila warga atau lingkungan lain yg.menginginkan cara seperti yg.saya lakukan belum bisa,begitu geeeeh !

    BalasHapus
  14. Saya banyak sekali membaca comentar anda diberbagei tulisan,adanya permasalahan sampah,menurut saya sangat pedas sekali,adakah latar belakang yang membelakangi anda,sehingga dalam memberikan comentar begitu pedasnya,satu contoh di antaranya adanya rencana pemerintah yang akan menggunakan teknologi dari luar negri dalam mengatasi persoalan sampah,anda berani sekali bilang yang intinya tidak akan berhasil dan anda menunjukkan cara anda yang anda anggap paleng berhasil,dengan demikian meskipun cara anda itu bisa betul-betul berhasil menurut saya tidak akan ada respon dari pihak manapun dan bahkan malahan ada anggapan gimana orang ini dan itu ditujukan pada anda,untuk itu pesan saya silahkan koreksi diri dari pada banyak mencemooh usaha orang lain.

    BalasHapus
  15. joyomaruto1957@gmail.com1 Desember 2011 17.25

    Ada dipihak manakah saya ? di pihak satu memang betul-betul apa yang di komentarkan sesuai dengan kenyataanya,dibeberapa tulisan di tahun sebelumnya memberitakan cara mengatasi sampah bigini yang nantinya bisa mengatasi dengan biaya sekian milyar,yang ternyata di tahun berikutnya betul yang ditulis pihak satu geblak tersebut,begitu kejadiannya sangat banyak sekali,dipihak ke dua memprotes pihak ke satu dalam memberikan komentar sangat pedas sekali,memang perlu kesopanan meskipun hanya tulisan,tetapi antara sopan dan tidak menurut saya tinggal menyikapinya saja dimana upaya dalam penanganan sampah yang dimaksudkan untuk bertujuan mengatasi demi masyarakat umum yang ditunjang biaya yang tidak kecil,dari itu saja bila betul-betul merasa sebagei tanggung jawabnya saya rasa tidak perlu tersinggung dan sebageinya,juga di pihak ke satu menunjukkan juga cara yang bisa tepat mengatasinya,soal cemohan juga,masak tidak bisa berhasil sedang biaya besar gak mau dicemoh,la kalo gak mau dicemoh tentunya harus kerja keras untuk bisa berhasil karena semuanya untuk masyarakat umum.

    BalasHapus
  16. Ha.ha.ha.ha.itulah saya,ya mhn.maaf bila kasar dan menyinggung,yg.sampek ada yg.merasa ke pedas an,pada hal pedas itu sehat,tapi ya tinggal gimana menyikapinya dan menanggapinya aja,apa yg.sering dan banyak saya komentarkan pd.bbrp.tulisan ttg.persoalan sampah,secara jujur aja semua tahu di tahun awal dan saat dimulainya proyek cara mengatasi sampah begitu tingginya perkataan(muluk-muluk)sampek setinggi langit,begitu jatuh tahun ke dua bek gedabek geblak dan gletak,sedangkan sampahnya tetap tak teratasi,pikir saya dari pada begitu terus toh saya punya cara bukan tak miliki sendiri saya banyak menginformasikan cara yg.mesti berhasil dan betul-betul bisa berhasil,perlu diingat cara saya itu bagekan rumusan dimana yg.namanya rumus hasilnya adalah PASTI,bila masih gak percaya saya ulangi lagi,mengkombinasikan udara dan panas juga pengaturan tempat untuk memenuhi dari sifat masing-masing baik api udara dan fungsi pemanasan,yg.berlanjut menghasilan pembakaran yg.besar tanpa bahan bakar,panas mengeringkan yg.basah juga jalur masuk/pengisian udara dan saluran pembuangan udara panas juga asap ke atas dan abu sisa bakaran ke bawah,gitu aja kok REPOT.Soal tidak ada yg.gubris dsbg.saya tdk.ambil pusing toh selama ini saya penemu cara ini tidak menjual sekedar membantu bila ada yg.memerlukan bantuan pembuatan alat ini demi mengatasi sampah yg.ada dan bukjtinya sudah 42 tempat yg.telah saya bantu dari sekian itu tidak satu pun yg.tidak berhasil,semuanya berhasil,skali lagi saya mohon maaf bila saya kasar dan merasa tersinggung,namun demikian cara saya dalam mengatasi persoalan sampah adalah cara yg.tepat dan mesti berhasil,Trimakasih.

    BalasHapus
  17. Untuk kondisi sekarang memang seharusnya demikian tidak perlu ada yang tersinggung dan sebageinya,kalo memang cara itu yang memang betul-betul cocok demi masyarakat,dan Negara apa boleh buat,dari pada selalu tidak pernah berhasil dengan biaya yang besar,justru budaya malu lah yang seharusnya dikedepankan.

    BalasHapus
  18. Apa yg.saya komentarkan diatas,berdasarkan apa yg.saya lihat lansung adalah betul-betul sangat berguna bagi lingkungan dimana saja,tinggal kita saja utamanya yg.membidangi persoalan sampah di lingkungan warga masyarakat,dengan yg.bpk.salikun ciptakan itu sangat cocok dan betul-betul menghasilan,tetapi bpk.salikun tentu sudah memahami,yg.namanya kendala pasti ada dan juga banyak sekali,sampei-sampei saya sendiri dikira ada kerja sama,pada saat saya menunjukkan di beberapa tempat yg.ternyata sebagean orang(orang pemerintahan)kontan menolak karena telah ada pelarangan menggunakan cara bpk.salikun,pada hal menurut saya itu yg.bisa diandalkan untuk bisa mengatasi persoalan sampah,tapi semua pendapat tidak akan ada yg.sama,tinggal masyarakat aja yg.nantinya punya keputusan.

    BalasHapus
  19. joyomaruto1957@gmail.com15 Desember 2011 16.38

    Pak.Salikun,ada yg.perlu saya tanya,berkenankah kiranya sedikit menjelaskan ? dari mana,dan bageimana pak.Salikun hingga punya cara mengatasi persoalan sampah ini ? juga saya dengar selain ini ada cara untuk solusi lain khusus pengobatan dengan cara tradisionel juga ada yang terkhus kemampuan/keperkasaan(kejantanan) orang pria ? soal mengatasi persoalan sampah saya sudah sangat percaya karena sudah banyak buktinya,khusus yg.ini betul-betul saya harapkan,trima kasih.

    BalasHapus
  20. Trima kasih yg.berkomentar antara mendukung atau sebaliknya,berarti ada perhatian,adapun soal cara saya dlm.mengatasi sampah sejak sy.buat tungku tgl.3 Jan.2006 sampek sekarang dengan tanpa pandang situasi cuaca hujan,juga sampah apapun yg.tidak bisa dimanfaatkan bagitu dimasukkan tungku pasti menjadi abu sehingga berapapun sampah teratasi.Dan khusus Joyomaruto bertanya darimana sy.mempunyai cara,cara ini bukan nemu atau meniru,terus terang saya orang ber Agama berawal terganggunya buangan sampah pasar dan warung yg.sangat berbau tdk.enak,ya jalur Agama sy.gunakan tentunya giat malam (stlh.jam 00.00 namanya shalat wengi)berdoa dan memohon petunjuk dan carra mengatasi bila ada sesuatu problem,dengan itu sy.yg.awalnya sama skali tidakpunya apa-apa slalu mendapatkan petunjuk dari yang serba Maha,hingga problem selain persoalan sampah termasuk yg.dimaksudkan pak Joyomaruto tsb.(kalo minta yg.itu sabar dulu bila sudah jumpa darat)Trima kasih dan mhn.maaf.

    BalasHapus
  21. Pikir sy.dari pd.pihak pemerintah itu selalu tdk.berhasil mengatasi persoalan sampah sebaiknya cara ini kan lebih baik,dari pd.terus menerus diramekan persoalan sampah yg.titik permasalahannya sampah dan sampah kececeran berbau,terpandang sangat tidak indah dan jorok sekali,tidak teratasi,baik di sungai atau dimana saja yg.pada achirnya hanyut ke laut,yg.kalo diamati sangat mencemari lingkungan.

    BalasHapus
  22. Memang sangat memprihatin sekali, para pakar sering bicara menjaga kondisi alam yg.banyak dampak negatif dari perbuatan manusia yg.antara lain meningginya air laut yg.salah satunya adalah luat terus menerus diisi beribu ribu ton sampah,yg.terapung masih kelihatan tapi sangat mengotori panteinya,hal seperti itu kalo tdk.sgr.di stop minimal mengurangi dengan jumlah yg.banyak apa yg akan terjadi dikemudian.Dan menurut sy.upaya pak Salikun adalah satu diantara sekian cara tetapi sy.sangat condong upaya pak Salikun sangat bisa diandalkan.trims.

    BalasHapus
  23. Kalo memang betul-betul berkehendak mengatasi persoalan sampah dimanapun,berapapun,kondisi apapun PASTI CONDONG ke upaya saya,dengan alat yg.sangat sedehana,cara mudah dengan harapan PASTI berhasil tanpa bahan bakar apapun juga.Adapun yg.tidak menggunakan saya anggap tidak serius mengatasi sampah gitu aja KOK REPOT

    BalasHapus
  24. joyomaruto1957@gmail.com2 Februari 2012 19.55

    Halo mbah ! apa kabar,saya dengar usahanya terus melaju kencang,selamat dan sukses membantu lingkungan warga yg.kesulitan atasi sampah, dimana saja yg.masih di kerjakan ? Makin hari makin meningkat aja,karena memang semua lingkungan waga sangat membutuhkan,dipandang sebagei solusi yg.tepat dan bisa menghasilkan,lanjut aja saya tetap monitor,trima kasih dan salam terbaik buat mbahsalikun.

    BalasHapus
  25. Duh rasanya sangat capek skali,setelah dari gresek,ke wil.barat Jakarta,Depok,Bekasi juga di Mojokerto sendiri,yg.lain masih banyak menunggu giliran,doa nya saja kuharap agar terus bisa melanjut untuk membantu membuatkan yg.kesemuanya demi lingkungan.Dan alhamdulillah hingga saat ini tungku buatan saya bisa di operasikan sesuai harapan mengatasi sampah yg.ada.

    BalasHapus
  26. Blm.apa-apa sdh.sambat mbah-mbah,masih banyak lo yg.memerlukan bantuan untuk pembuatan tungku nya,untuk bisa di harapkan mengatasi sampah.Sy.akui memang sgt jitu sekali tungku buatan mbah Salikun,yg.awalnya sy.kagak percaya,tapi stlh.sy lihat sendiri tungku yg.ada perum.Puri kemang Cimanggis Depok itu,sy.sdh.percaya meskipun baru sy.lihat cuma 1 tungku,mudah-mudahan tungku di tempat lainya juga sama keberhasilannya,yg.kesemuanya untuk warga masyarakat.Salam mbah,semoga panjang umur bisa jumpa lagi.

    BalasHapus
  27. Yaaaaa,itulah namanya upaya,yg.terpenting bisa berhasil sesuai maksud dan tujuannya,tidak perlu ribet-ribet atau sulit-2,masalahnya hanya sampah saja.Dan sudah tahu sendirikan ! walaupun baru 1 tungku yg.dilihat anggap aja itu simbul 1.berhasil yg.lainya ya sama,tidak ada sulit sama skali mengatasi sampah dalam kondisi apapun,rima kasih Sherlie.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini kah yg.sy.lihat kemaeren saat ikuti kunker Gubernur Jatim juga Bupati Mojokerto di Dsn.Demangan,Kec.Delanggu,Mojokerto.yg.tdk.jauh juga terlihat jelas dari lokasi kunjungan,sy.dan beberapa org.melihat lansung tp.sy.blm.sempat tanya gimana ni kok ceriteranya membakar terus tanpa bhn.bakar juga sampah yg.tdk kering bisa diatasi ? mungkin disini pak Salikun bisa jelaskan lebih rinci,krn.mungkin kalo btl.2 bisa diharapkan berhasil bisa di gunakan atasi sampah pd.beberapa wilayah yg.msih terkendala kemacetan mengatasi persoalan sampah.Trima kasih pak Salikun jawaban sy.tunggu.

      Hapus
  28. sering sy.membaca komentarnya pd.beberapa tulisan,yg.menurut anda cara seperti ini dapat mengatasi persoalan sampah dari pembuangan di sungai juga di pantai,gimana solusinya kok anda mengatakan bisa ? apa lagi anda selalu mengatakan pasti berhasil ? karena menurut semua pihak tidak mungkin se mudah itu,meskipun sy.jauh dari lokasi anda sy.tahu di wilayah anda itu sangat semrawut sekali persoalan sampah juga sangat banyak sekali sampah di sungai,pikiran sy.kalo itu memang bisa mengatasi,kena apa itu tidak digunakan sehingga di wilayah anda tidak banyak pembuangan sampah di sungai.confirmasinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sy.kira sdh.banyak sy.ungkapkan tdk.hanya sebuah tungku yg.demikian itu saja bisa memusnahkan sampah-2 dan bahkan sampah yg.kondisinya basah dan busuk,sy.ulangi lagi bentuk tungkunya ya cuma itu saja namun sdh.sy.pikirkan untuk penggunaanya,dan.di dlm.tungku itu ada serangkean besi baja,berfungi menjadikan rongga bakar,masuknya udara,juga keluarnya api serta jalan buangnya abu sisa bakaran termasuk adanya jalan keluar bagi benda yg.tdk.bisa terbakar(umpamanya batu,bata dsb.)Dan ada beberapa sirip jumlah 8 di bawah ada 8 diatas masing-2 juga berfungsi menahan dan memotong serta mengurai dengan sendirinya pada saat pembakaran termasuk memberi pemanas bagi sampah yg.belum kering,demikian bagi yg.perlu penjelasan.Sedangkan pengomentar berikutnya juga demikian itu sebabnya sy.bisa katakan bahwa cara ini mengatasi persoalan sampah mesti berhasil,krn,prinsip sy.sampah seberapa banyaknya sy.anggap hanya 2 bagian saja,bag.ke-1 sampah yg.masih bisa dimanfaatkan sdh.ada yg.memungut,bag.ke-2 sampah yg.sama skali tdk.dpt.dimanfaatkan sy.musnahkan hingga menjadi abu yg.abunya sgt.banyak diminati warga bahkan peminatnya sampek antri-antri untuk mendfapatkan abu tsb.Dengan cara itu dan berhasil para pembuang sampah sdh.sangat mengerti TIDAK MEMBUANG KE SUNGAI,sedangkan disekitar lingkungan sy.banyak penanganan sampah semrawut gak pernah berhasil,itu diluar lingkungan sy.lain org.dan lain cara,ya mesti saja gak bakalan berhasil.Ok.

      Hapus
  29. Sy salut buat pak mbah Salikun yg mencetuskan cara begitu yg bisa diandalkan meskipun sy hanya membaca tapi begitu banyak yg sdh memakainya dengan bisa mengatasi persoalan sampah,pikir sy itu yg benar tdk perlu banyak teori tapi menjurus sekali dan hasilnya pun terlihat nyata.

    BalasHapus
  30. (Yo teori kuwi seng ndadekke duwet)ya teori itu yg menjadikan uang apalah artinya berhasil sampah diatasi tidak mendapatkan uang yg banyak kan bukan Indonesia kalo gak gitu.Soal ceritera penanganan sampah dimanamana ya begitu aja walaupun dukungan dana yg tidak sedikit,pokoknya rusak rusak rusak !!!!!!

    BalasHapus
  31. Tidak lega rasanya aku! masih kurang puas dengan komentar saya ini kalo melihat kondisi persoalan sampah dengan penanganannya,seperti nggak ada sama sekali,meski sudah banyak warga negara ini yang bisa mendapatkan cara sebagei solusinya agar bisa menyeleseikan masalah sampah tapi pihak pihak yang semestinya melakukan selalu saja menggunakan idenya sendiri yang terjadi dimana mana sampah nggak ada yang mampu diseleseikan,Negri ini milik bangsa yang semua warga ikut memiliki yang sebagean warga terpilih menerima tugas dengan dukungan biaya dan upah yang cukup untuk menyeleseikan kemelut persoalan sampah tapi masih dengan semena mena dan apa yang dilakukan selama mana hasilnya ? sama dengan tidak melakukan apa apa bisa dilihat hasilnya tidak ada sama sekali,dimana mana sampah tidak terurus warga masyarakat di buat penyebabnya.Mudah mudah nantinya kalo ganti generasi bisa lebih baik karena kalo melihat sekarang muak sekali.

    BalasHapus
  32. Sdr yg berkomentar sudahlah biarkan aja dan kita lihat saja umeknya yg gak pernah berhasil tapi slalu berkata indah indah tentang sampah juga berande ande toh ceritera lama belum selesei diberitakan muluk muluk setinggi langit di balik waktu eeee beg gedabeg nggeblak sampah tetap (METUTUK BHS JAWA).tapi jangan kawatir puluhan bahkan ratusan dari kelompok warga masyarakat sdh menghubungi sy minta untuk sy bantu membuatkan alat pemsnah sampah tsb,dgn demikian bisa di ambil kesimpulan warga masyarakat itu sudah banyak yg ngerti bahwa cara yg sy lakukan betul betul dpt diandalkan untuk mengatasi persoalan sampah,juga dpt dipastikan bahwa nantinya cara ini akan menyebar di kalangan warga masyarakat umum yg kesemuanya itu atas penuh harapan persoalan sampah itu bisa teratasi secara tuntas.

    BalasHapus
  33. Ass.Wr.Wb. Bapak Salikun.....Selamat! Karya bapak bermanfaat untuk umat....sebaiknya dipatenkan pak. hak ciptanya. Terimakasih

    BalasHapus
  34. Walaikum salam,mhn panjenengan bantu pemikiran atau jalan keluarnya soal hak paten tsb,sebenarnya sy pun ada niat ttg tsb bahkan sejak dulu atas dasar petunjuk banyak teman,tetapi sy tdk mampu dgn BEAYA nya kearah itu,sedangkan sy ada bbrp pembuatan dimana mana itu sekedar membantu dgn beaya ditanggung peminat,intinya tdk membuka harga melainkan beaya dihitung bersama,bilalah ada lebihnya (sedikit)cukup untuk keperluan mondar mandirnya saja.Itulah bagian dari kendala sy.Sedangkan unuk membuat harga apa lagi dgn harga tinggi,ya mhn maaf naluri baftin sy sgt berat skali,toh cara sy ini demi banyak org/yg memerlukan,trima kasih saran yg baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayang seribu sayang,kalo itu masalahnya/kendalanya untuk mdptkan hak paten,brp sih mbah beayanya ? masak gak mampu.terus gmn tanpa hak paten dan menurut hukumnya,atau selama ini yg mbah buat ?

      Hapus